ASSALAMU'ALAIKUM...SELAMAT DATANG DI BLOG PKPU SURABAYA!!!!

Thursday, July 28, 2011

PKPU Sayang Lansia


SURABAYA – Terkadang faktor usia yang telah lanjut mempengaruhi keadaan fisik, di mana keadaannya tidak sekuat usia muda, sedangkan menjadi tua itu pasti. Ketika manusia memasuki usia lanjut, kesehatan tubuh perlahan menurun. Seringkali kemampuan fisik manusia lanjut usia (manula) menjadi semakin lemah sehingga lansia juga identik dengan menurunnya daya tahan tubuh dan mengalami berbagai macam penyakit.

Karena itulah, PKPU bekerja sama dengan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata – Belajar Bersama Masyarakat (KKN-BBM) UNAIR angkatan ke-44 memberikan pemeriksaan dan pengobatan gratis. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu (27/07/2011) pukul 08.30-14.00 WIB di Balai desa Klurak Sidoarjo.

Menurut divisi Kesehatan PKPU Surabaya, Khoirul Bariyah, menyatakan bahwa jumlah warga yang hadir dalam kegiatan ini tercatat sebanyak 150 orang, sedangkan mayoritas yang mengikuti adalah para lansia, dengan penyakit seperti asam urat, darah tinggi, dan diabetes. “Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah memberikan pengobatan gratis bagi warga yang tidak mampu dan diharapkan lansia dapat menjalankan aktivitasnya dengan baik,” terangnya.

Menanggapi kegiatan ini, Kholifah (55) salah satu warga yang ikut pengobatan gratis mengaku bahwa dirinya merasa senang dan terbantu dengan kegiatan ini. Senada dengan itu, Eva yang berprofesi sebagai bidan juga merasakan hal yang sama. “Senang, meskipun biasanya ada tiap bulan, tapi bayar tiga ribuan,” ungkapnya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari mahasiswa KKN Unair mayoritas warga Klurak berprofesi sebagai buruh tani, petani dan buruh pabrik. Hal tersebut menunjukkan bahwa kondisi perekonomian yang ada di desa Klurak adalah menengah ke bawah sehingga membutuhkan bantuan pengobatan gratis khususnya lansia. (pd/PKPU Surabaya)

0 comments:

PKPU in Action