ASSALAMU'ALAIKUM...SELAMAT DATANG DI BLOG PKPU SURABAYA!!!!

Tuesday, October 11, 2011

PKPU Turun Tangan Atasi Kelaparan NTT



SURABAYA - Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKP2) NTT, Nicolaus Bala Nuhan kepada wartawan di Kupang mengatakan bahwa sebanyak sembilan kabupaten di Nusa Tenggara Timur (NTT) teridentifikasi dilanda kekeringan yang mengakibatkan terjadi gagal tanam dan panen. Akibatnya, bahaya kelaparan mengancam.
Menyikapi hal tersebut, pada hari Senin (10/11/2011), tim rescue PKPU mengirimkan relawan ke daerah yang mengalami musibah tersebut. Tujuan dikirimkannya tim rescue tersebut adalah untuk melakukan aksi bantuan makanan dan kebutuhan pokok lainnya.
Berdasarkan keterangan warga setempat dan relawan PKPU sebelumnya sudah berada di tempat, diperlukan adanya bantuan nutrisi untuk gizi buruk sebanyak 75 anak dari 4 desa yang kondisinya tidak baik. Mengingat daerah NTT juga mengalami kekeringan, maka pemberian air bersih sebanyak 1 tangki 1000 liter akan dialokasikan untuk 1 desa juga akan diadakan.
Karena itu, PKPU berencana memberikan bantuan makanan untuk masyarakat yang kelaparan yaitu beras 20 kg, biscuit,dan  makanan tambahan. Sedangkan untuk ibu hamil dan menyusui serta balita yang terkena gizi buruk akan diberikan satu paket yang berisi susu SGM 600 gram dua dus, beras merah, telur dan madu untuk setiap orang.
Adapun penyuluhan yang nantinya akan digelar bekerja sama dengan puskesmas atau posyandu setempat serta dari lokal. Selain itu, PKPU juga akan melakukan assessment dampak dari kekeringan dan gagal panen sebagai bahan rekomendasi untuk program selanjutnya. (pd/PKPU Surabaya)


0 comments:

PKPU in Action