ASSALAMU'ALAIKUM...SELAMAT DATANG DI BLOG PKPU SURABAYA!!!!

Wednesday, March 23, 2011

TIM RESCUE PKPU BANTU KORBAN ERUPSI BROMO



Lumajang_ Meski gunung Bromo tidak lagi menampakkan ‘kegagahanya’, namun dampak yang ditimbulkannya masih dirasakan oleh masyarakat yang berada disekitar gunung, terlebih masyarakat yang berada dekat dengan gunung tersebut. Seperti apa yang kini dirasakan warga tengger di dusun Gedok Puncak desa Argosari kecamatan Senduro, Lumajang. Mereka harus bertahan hidup dalam menghadapi bahaya erupsi yang dikeluarkan Bromo.
Melihat itu semua , Sabtu (19/3) tim rescue PKPU Lumajang dengan dibantu relawan PKPU Surabaya, terjun kelapangan guna memberikan bantuan kepada korban erupsi gunung Bromo. Bantuan yang diberikan kepada masyarakat tengger berupa paket sembako yang terdiri dari beras, minyak goreng, gula, kopi, teh dan mie instan. Bantuan tersebut diterima langsung masyarakat suku tengger yang sejak tadi menunggu kedatangan tim rescue PKPU. Untuk menjaga ketertipan masyarakat agar tidak berebut dalam menerima bantuan, setiap orang menerima kupon pengambilan sembako. Sehingga dapat mempermudah relawan dalam membagikan peket sembako tersebut dengan rata.
Menurut Juarto (50), masyarakat tengger  merasa terbantu dengan kegiatan semacam ini.“Saya merasa senang atas bantuan yang di berikan oleh PKPU. Karena bantuan makanan untuk saat ini memang sangat dibutuhkan oleh warga tengger, meski pemerintah sempat memberikan bantuan sembako, namun bagi kami itu kurang mencukupi. Apalagi sejak meletusnya gunung Bromo banyak tanaman sayur kami yang mati dan tidak laku dijual.” Ujar pria yang kesehari-hariannya bekerja sebagai buruh tani tersebut.
Selain bantuan berupa paket sembako, tim rescue PKPU juga mengadakan kegiatan pengobatan gratis di daerah tersebut. “ Karena mengingat jarak desa argosari ini sangatlah dekat dengan Bromo, sehingga memungkinkan kesehatan masyarakat disini bisa terganggu. Maka dari itu kami mengadakan pengobatan gratis dengan menggandeng tim medis rumah sakit Islam Lumajang.” terang Malik Ibrahim ketua rescue PKPU Surabaya. 
Malik menambahkan, selain bantuan berupa sembako dan pengobatan gratis bagi masyarakat tengger dusun argosari, nantinya akan ada program lagi semacam “rumah pintar”, mengingat anak-anak disana banyak yang tidak bersekolah dikarenakan jarak sekolah sangat jauh. “ Ya ini masih dalam perencanaan kita. Nanti akan kita usulkan kepada Cabang, diterima atau tidak tergantung keputusan disana.” paparnya.**rs/PKPU/Surabaya

0 comments:

PKPU in Action