ASSALAMU'ALAIKUM...SELAMAT DATANG DI BLOG PKPU SURABAYA!!!!

Tuesday, March 22, 2011

PKPU segera Bermitra dengan PemKab Pacitan

Dalam rangka menduplikasi kesuksesan program pengelolaan sampah dalam bentuk “Bank Sampah” di Kenjeran Surabaya, PKPU berencana menggandeng Pemkab Pacitan. Dalam Koordinasi terbatas hari kamis, 17 Maret 2011 yang di laksanakan di kantor Bupati Pacitan itu dihadiri oleh Bupati Pacitan Drs. Indartarto, MM, Sekda Pacitan  Ir. Mulyono, MM, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pacitan, Joni Maryono, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (DPE) Pacitan, Lan Naria Hutagalung, Kepala Dinas Kesehatan Pacitan, Maulana Hamdani dan beberapa kepala dinas terkait.
Kepala Cabang PKPU Surabaya, Romdlon Hidayat MSSc, menjelaskan bahwa PKPU sebagai lembaga dibawah koordinasi Ecosoc PBB sekarang berperan aktif untuk mendukung dan mensukseskan delapan program MDG’S dengan harapan tatanan kehidupan yang lebih baik untuk masyarakat indonesia. Oleh karena itu kami sangat berkein
ginan disetiap akativitas program  kami bisa bersinergis dengan Pemerintah daerah dalam hal ini adalah kabupaten Pacitan.
Gayung bersambut dari Bupati Pacitan, Kami sangat berterimakasih kepada PKPU yang telah banyak berkiprah membantu masyarakat dan kami sangat mengapresisasi jika PKPU bisa bergandengan tangan dengan Pemkab Pacitan untuk mendukung program MDG’S” dalam penyampaian Bupati Pacitan di awal koordinasi.
Dalam koordinasi itu ada beberapa program yang akan dilaksanakan dan dikerjakan bersama-sama antara PKPU dengan Pemkab Pacitan: 1) Program Pengelolaan sampah ”Bank Sampah”. 2) Budarsi. 3) Inisiasi RSIP (Rumah Sakit Islam Pacitan).

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pacitan, Joni Maryono selama ini kami mempunyai problem pengelolaan sampah padahal kami sudah mempunyai peralatan dari hulu ke hilir berupa peralatan pengambilan sampah sampai pengolahan sampah. Beliau sangat berterimakasih jika program ini bisa kita desain dan dirancang bersama-sama. Kami sudah menyiapkan satu lokasi untuk menjadi pilot project “Bank Sampah” di Pacitan. Saya yakin jika program ini bisa bareng-bareng kita laksanakan akan bisa sukses dan bisa di duplikasikan ke daerah-daerah lain di Kab. Pacitan.
Sedangkan menurut Kepala Dinas Kesehatan Pacitan, Maulana Hamdani, program Budarsi sangat unik dan belum ada di Pacitan sehingga beliu sangat interest program ini bisa disinergiskan bersama-sama dengan menggandeng puskesmas di seluruh pacitan.
Satu hal yang menjadi fenomena Pacitan adalah belum adanya rumah sakit yang representative, sehingga mayoritas masyarakatnya berobat ke luar pacitan. Oleh karena itu kami bersepakat untuk merancang, mengkonsep dan merencanakan pembuatan RSIP tersebut. Dalam diskusi di hari berikutnya dengan Direktur Utama RSI Yogyakarta dan juga Konsultan RSIP yang akan kita dirikan yaitu dr. H. Nurhidayat Nugroho, Sp. Rad, beliau juga siap untuk mendukung sepenuhnya pendirian rumah sakit RSIP tersebut. Bahkan menurut Ir. Mulyono, MM Sekda Pacitan, kami sudah ada tanah yang bisa digunakan untuk pendirian rumah sakit tersebut.

0 comments:

PKPU in Action