ASSALAMU'ALAIKUM...SELAMAT DATANG DI BLOG PKPU SURABAYA!!!!

Monday, November 21, 2011

Pemberian PKPU Untuk Desa Terpencil

SURABAYA – Dusun Blogong merupakan salah satu dusun yang berada di Mojokerto di kecamatan Gondang desa Gumeng. Penduduk yang tinggal di sana masih terbilang sedikit. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah KK yang tercatat hanya ada lima. Menurut warga setempat, dusun Blogong ini terancam punah karena jumlah penduduknya yang sedikit. Awalnya berjumlah tujuh KK, namun apa daya karena faktor kematian dan penduduk yang pindah, maka jumlahnya menjadi berkurang.

Keadaan pendidikan yang ada di dusun tersebut mayoritas lulus SMP. Terutama anak perempuan biasanya selepas lulus dari pendidikan tersebut mereka menikah. Tak heran dengan berbekal lulusan SMP maka mayoritas pekerjaan yang disandang adalah buruh tani.

Letak dusun Blogong yang berada di dataran tinggi dan terpencil mengakibatkan penduduk kesulitan untuk menjangkau dan mengakses informasi dari kota. Untuk menuju ke sana harus melalui jalan yang sempit dan tidak rata karena memang belum beraspal. Tak hanya itu, jarak Puskesmas yang letaknya jauh dari penduduk desa juga menjadi kendala bagi warga untuk berobat. Mereka membutuhkan waktu yang lebih lama untuk berobat ke sana.

Mengetahui keadaan tersebut, PKPU membantu dusun tersebut dengan menggelar Program Kesehatan Masyarakat Keliling (Prosmiling). Aktivitas Prosmiling dilakukan dengan memberikan pelayanan kesehatan tanpa dipungut biaya di dusun Blogong. Menurut Koordinator Divisi Kesehatan PKPU Surabaya, Khoitul Bariyah menjelaskan bahwa untuk Prosmiling di dusun Blogong dilakukan dengan cara dari rumah ke rumah. “Hal ini dikarenakan jumlah KK yang ada hanya lima di dusun Blogong tersebut, jadi kita melakukan periksa kesehatan langsung ke rumah penduduk,” tambahnya.

Selain membantu pada bagian kesehatan, PKPU tergugah untuk melakukan benah musola sekaligus Program sebar Al Quran Nusantara di dusun tersebut. Pasalnya, di tengah sawah dengan jalan yang tidak rata ada sebuah mushola tanpa nama yang berdiri di sana. Keadaan mushola tersebut tampak begitu sepi dengan warna cat yang sudah pudar dan berukuran kecil. Ironisnya, tak ada tempat untuk wudhu dan hanya ada selembar karpet yang menghiasi mushola tersebut. Karena itulah, untuk melaksanakan sholat berjamaah, penduduk biasanya berwudhu di rumah masing-masing.

Melihat keadaan tersebut, PKPU Surabaya memberikan karpet dan memberikan Al Quran kepada mushola tanpa nama. Kegiatan tersebut ditanggapi dengan positif dan tangan terbuka oleh penduduk sekitar. “Semua ini memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” ujar wakil kepala desa yang akrab dipanggil Pak Bantu.

Untuk informasi selanjutnya mengenai program dapat menghubungi 031-5039285, sedangkan bagi yang tertarik bergabung dalam program tersebut dapat dilakukan dengan transfer ke rekening PKPU Surabaya pada Bank BCA no. 513 005 6018 an. Yay Pos keadilan peduli ummat. (pd/PKPU Surabaya)






0 comments:

PKPU in Action