ASSALAMU'ALAIKUM...SELAMAT DATANG DI BLOG PKPU SURABAYA!!!!

Thursday, November 10, 2011

Pelindo III dan PKPU Tanam lagi 10.000 Pohon


SURABAYA – Sejak bulan November 2010, PT Pelindo III bersama Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU Surabaya telah melaksanakan penanaman 10.000 pohon mangrove di pesisir pantai Gunung Anyar Tambak, Surabaya. Seiring dengan waktu yang berjalan selama satu tahun, kondisi lokasi penanaman terus mengalami pertumbuhan yang cukup baik, sehingga Rabu (9/11/2011), PKPU Surabaya bersama Pelindo III kembali beraksi menanam 10.000  pohon mangrove jenis Tanjang.



Kepala Bidang Pendayagunaan PKPU Surabaya, Azwar Anas mengatakan bahwa tiap jenis pohon memiliki manfaat yang berbeda. “Salah satu manfaat dari Tanjang ini adalah untuk menahan gelombang laut. Selain itu, dapat juga bermanfaat untuk memfilter limbah yang dibuang ke laut sehingga dapat meminimalisir limbah,” terangnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Imran Petugas Penyuluh Lapangan dari Dinas Pertanian menjelaskan, permasalahan yang ada di Surabaya selama ini adalah mengenai limbah, baik dari pabrik maupun dari rumah tangga. Dengan menumpuknya limbah tersebut besar kemungkinan mengakibatkan banjir. “Jadi, untuk mengurangi limbah tersebut perlu adanya penghijauan,” ujarnya.

Ekosistem hutan mangrove memberikan banyak manfaat baik secara tidak langsung (non economic value) maupun secara langsung kepada kehidupan manusia (economic vallues). Misalnya tempat menambat kapal, bahan untuk obat-obatan,bahan pengawet, bahan makanan, bahan bangunan dan sebagainya. 



“Manfaat dari mangrove ini sebenarnya memang untuk kehidupan jangka panjang bagi masyarakat setempat,” ujar Asisten Manajer Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Pelindo III, Johan Hudoyo.

Mengingat mata pencaharian warga setempat mayoritas adalah nelayan, maka harapan lain dari penanaman mangrove ini yaitu dapat menambah hasil pencaharian mereka dengan bertambahnya ikan. Penambahan tersebut terjadi dikarenakan di sela-sela akar mangrove biasanya menjadi tempat berkembang biak ikan. Jadi, mangrove berpotensi dalam menjaga dan melindungi ekosistem wilayah tersebut. (pd/PKPU Surabaya)







0 comments:

PKPU in Action