ASSALAMU'ALAIKUM...SELAMAT DATANG DI BLOG PKPU SURABAYA!!!!

Tuesday, May 10, 2011

Penghargaan Kemanusiaan dalam Konferensi Internasional Keluarga Muslim

 

Sumber: Republika Online
Selasa, 10 Mei 2011 20:48 WIB
Hangatnya perbincangan berselimut nuansa kekeluargaan menghiasi ruangan Gedung Merdeka di jalan Asia Afrika. Wajah cerah sumringah terpancar indah karena dapat berjumpa dengan banyak saudara dari berbagai benua. Tentunya acara yang berlangsung kali ini bukanlah momen yang dapat dengan mudah dijumpai.

Berkumpulnya lebih dari 200 peserta yang berasal dari 19 negara, mewakili NGO lokal maupun internasional, termasuk di antaranya anggota  The Union NGOs of The Islamic World (UNIW), publik figur, peneliti, serta pakar, tentulah untuk suatu agenda besar yang bersifat global.

Berangkat dari visi serta misi yakni memberikan solusi serta menguatkan institusi keluarga, UNIW berinisiatif untuk menyelenggarakan suatu konferensi internasional tentang tatanan keluarga di dunia Islam.

Merdunya alunan angklung yang dimainkan oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, menjadi simbol resmi dibukanya konferensi ini. The International Conference on Family of The Islamic World yang berlangsung pada 7-8 Mei 2011 ini sebenarnya memiliki beberapa tujuan, antara lain untuk mengidentifikasi profil serta aneka persoalan keluarga terutama di dunia Islam, pengenalan dan presentasi kajian tentang keluarga di berbagai belahan dunia, dan membentuk pola komunikasi untuk kajian dan kerjasama berkelanjutan perihal keluarga di antara komunitas muslim di dunia.

Strengthening the Family Institution toward Civil Society, sebuah tema yang diangkat dan diperkuat oleh hadirnya dua pembicara kunci (keynote speaker) yakni DR. Aysen Gurcan dari Family and Social Research (ASAGEM) Turki dan DR. Hertomo Heru, mewakili Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, diharapkan dapat menyamakan pandangan di antara peserta konferensi mengenai aneka permasalahan keluarga yang kerap terjadi di berbagai belahan dunia.

Berbicara mengenai keluarga, sebenarnya tak lepas dari apa yang kita kenal dengan Millenium Development Goals (MDGs) yang telah diluncurkan PBB pada tahun 2000 dan diratifikasi oleh 189 negara. Hal ini dikarenakan keluarga berperan sebagai institusi yang berperan dalam pemenuhan kebutuhan dasar tiap individu dari segi pangan, pendidikan, pekerjaan, kesehatan dan keamanan di mana seharusnya dapat tersedia bagi semua orang tanpa melihat suku, agama, ras maupun golongan, seperti dinyatakan baik secara langsung maupun tidak langsung dalam MDGs. MDGs memang mengusung misi kemanusiaan dan mencakup berbagai segi dalam kehidupan.

Sebagai bentuk apresiasi atas kegigihan dan kerja keras dari NGO yang selama ini memperjuangkan misi kemanusiaan, pada kesempatan kali ini UNIW menganugerahkan UNIW Award 2011 “The Best Humanitarian NGO” kepada PKPU, sebuah lembaga kemanusiaan nasional yang juga teregistrasi di PBB. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Suryama M. Sastra selaku Ketua Yayasan PKPU. Hal ini tentunya menjadi amanah lebih bagi PKPU dalam membantu proses akselerasi dari MDGs di Indonesia.

Miftahul Falah
Mahasiswa S2 Marketing Communication, Manajemen Komunikasi, Universitas Indonesia
Jl. Sankis No.23 RT 04/10, Kompleks Depok Jaya Agung, Kel.Rangkapan Jaya Lama, Kec. Pancoran Mas Depok - 16435
Foto-foto: PKPU

0 comments:

PKPU in Action