ASSALAMU'ALAIKUM...SELAMAT DATANG DI BLOG PKPU SURABAYA!!!!

Monday, January 24, 2011

Pengolahan Tepung dan Abon Ikan Masyarakat Nelayan Kerjasama PT.PLN (Persero) P3B Jawa Bali - PKPU


Indonesia merupakan negara kepulauan dengan potensi sumber daya alam berupa lautan yang sangat luas, namun anehnya nelayan Negara ini yang notabene sebagai ujung tombak pengelolaan sumberdaya lautan malah kebanyakan dalam posisi sebagai masyarakat miskin bahkan di bawah garis kemiskinan. Padahal jika hasil laut dikelola dengan lebih baik, makan akan memberikan kemakmuran bagi masyarakat nelayan.

Menyikapi keprihatinan ini, PT. PLN (Persero) P3B Jawa-Bali dengan menggandeng Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU mengadakan program pengolahan tepung ikan untuk pemberdayaan masyarakat nelayan. Acara peresmian program ini akan berlangsung, Rabu (19/1),  Desa Bulusan, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, pukul 10.00. Bupati Banyuwangi A.Azwar Anas dan General Manager PT. PLN (Persero) P3B Jawa Bali, Ir. Jemjem Kurnaen Raharja akan hadir untuk meresmikan acara ini
Program ini diharapkan bisa sebagai alternatif solusiprogram pemberdayaan masyarakat yang solutif  untuk produk tepung ikan. Selain tepung ikan, juga dihasilkan abon ikan tuna yang tentunya bernilai gizi tinggi. Program pengolahan tepung dan abon ikan ini diharapkan kedepannya bisa menjadi suatu program unggulan di wilayah tersebut yang sinergi dengan program OVOP (One Village One Product) dari PKPU.
“PKPU akan melakukan pendampingan yang berkesinambungan kepada masyarakat nelayan sehingga benar-benar mandiri dalam menjalankan program ini,” ungkap Romdlon Hidayat, Kepala Cabang PKPU Surabaya.
Lebih jauh, Program pengolahan tepung dan abon  ini bertujuan untuk menumbuhkan produktifitas ekonomi masyarakat nelayan berdasarkan potensi yang dimiliki, melahirkan kampung nelayan yang memiliki keunggulan dalam menghasilkan produk tepung ikan yang berasal dari pemanfaatan teknologi tepat guna. Kemudian menguatnya kelembagaan berbasis masyarakat untuk memberikan solusi secara mandiri terhadap pemberdayaan masyarakatnya itu sendiri dalam hal ini koperasi yang merupakan soko guru perekonomian Indonesia. Dan yang terpenting meningkatkan pendapatan para nelayan dengan kepastian harga jual yang pantas serta mendapatkan keuntungan dari usaha yang dijalankan oleh kelompok usaha yang ada.

0 comments:

PKPU in Action