ASSALAMU'ALAIKUM...SELAMAT DATANG DI BLOG PKPU SURABAYA!!!!

Tuesday, February 8, 2011

Budarzi pun"merambat ke Probolinggo



Antusias: Tim PKPU sedang berbincang-bincang
dengan warga
Program Budarzi kerjasama PKPU dan Telkom Indonesia semakin jauh menyentuh sasaran yang benar-benar membutuhkan. Selasa (8/2/2011) kemarin, tim kesehatan PKPU mengunjungi salah satu daerah calon sasaran program Ibu Sadar Gizi di Kabupaten Probolinggo.
Tidak begitu sulit menemukan daerah yang terkena dampak abu vulkanik Gunung Bromo itu. Dengan sedikit arahan, tim berhasil menemukan Puskesmas Suko yang menjadi pusat pelayanan kesehatan di Kecamatan yang dituju tim PKPU. Dari Puskesmas Suko, PKPU diarahkan untuk menyasar desa Brumbungan Kidul yang memiliki Balita dengan masalah gizi terbanyak. Masalah kemiskinan di desa yang mayoritas masyarakatnya bermatapencaharian sebagai buruh tani itu bukan menjadi satu-satunya penyebab banyaknya angka gizi kurang dan gizi buruk. Kusta dan TB yang juga menjadi penyakit endemik di Brumbungan Kidul menyebabkan penanganan terhadap Balita gizi buruk menjadi lebih kompleks.
Penuh sayang; tampak seorang ibu sedang
menyusui anaknya
“Kami senang sekali ada bantuan seperti ini, tapi jumlah Balita peserta Posyandu di Brumbungan ini ada lebih dari 100. Jadi harapannya ke depan bantuan bisa lebih banyak mencakup Balita yang ada di sini”, ujar Akhmad Hajari, Kepala Desa Brumbungan Kidul. Dari data yang diberikan Bidan desa, terdapat sekitar 300 Balita yang aktif terdaftar sebagai peserta di 5 titik Posyandu desa tersebut. Sedangkan data bulan Januari 2011 menunjukkan terdapat sekitar 71 Balita yang mengalami masalah kekurangan gizi.
Semangat para kader Posyandu dan bidan desa yang menyambut baik pelaksanaan program ini memompakan semangat tim PKPU dalam upaya pemberantasan gizi buruk di Indonesia, khususnya di Kabupaten Probolinggo. (rya/pkpu)

0 comments:

PKPU in Action